Make your Wish come true....

Daftar Objek Wisata di Kuantan Singingi Riau

Unknown

Kabupaten Kuantan singingi (Kuansing) yang ber ibu kota Teluk Kuantan terkenal dengan budaya pacu jalur nya, selain memiliki budaya yang terkenal di seantero tanah air, Kabupaten Kuansing juga memiliki beberapa objek wisata yang masih sangat natural dan masih benar benar alami.

Masih belum serius nya pemerintah setempat memaksimalkan potensi wisata Kuansing menjadi penghambat objek wisata di kuansing untuk naik kasta dan menggaet wisatawan luar daerah, masih banyak tempat wisata di kuansing yang bahkan belum tersentuh peran pemda setempat.

Nah untuk informasi kita semua yang penasaran dengan objek wisata di kabupaten kuansing, mari kita simak beberapa objek wisata unggulan di Kuansing Berikut ini:

1. Danau Kebun Nopi


danau kebun nopi

Danau kebun nopi adalah danau yang beberapa waktu lalu menjadi tempat penyelenggaran PON Riau cabang Dayung, selain sebagai tempat penyelenggaraan Pon Riau kini Danau Kebun Nopi menjadi objek wisata masyarakat setempat.

Danau Kebun Nopi berada di kecamatan kuantan mudik, lubuk jambi, jarak tempuh dari kota teluk kuantan tidak terlalu jauh, hanya 30 menit dari kota teluk kuantan.

Jika dari pekanbaru bisa memakan waktu sampai 4 jam, sebab jarak tempuh dari kota pekanbaru ke teluk kuantan sekitar 3-4 jam menggunakan mobil, kita anggap dari pekanbaru memakan waktu 3.5 jam untuk sampai ke teluk kuantan, sedangkan ke danau kebun nopi 30 menit, jadi jarak tempuh dari kota pekanbaru lebih kurang 4 jam.

Pada hari hari besar seperti hari raya, tahun baru, Danau kebun nopi selalu ramai oleh pengunjung yang hanya sekedar menikmati pemandangan danau dan juga bermain di pinggiran danau, meski saat ini sebagai objek wisata unggulan, danau kebun nopi masih belum bisa memberikan kontribusi bagi daerah.

2. Objek Wisata Air Terjun 7 Tingkat Kasang

air terjun guruh gemurai kasang


Objek wisata unggulan di kabupaten kuansing lainnya adalah Air Terjun Tujuh tingkat atau lebih dikenal dengan air terjun gurug gemurai, lokasi wisata air terjun ini terletak di desa kasang kecamatan kuantan mudik.

Jarak tempuh dari kota teluk kuantan hanya sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor atau mobil, kini infrastruktur menuju objek wisata air terjun tujuh tingkat sudah mulai membaik, dengan jalan jalan menuju ke lokasi sudah di aspal.

Objek wisata ini hampir setiap hari dikunjungi masyarakat sekitar, namun objek wisata ini akan ramai dikunjungi pada hari hari besar seperti hari raya, hari libur, dan juga pada hari mandi petang belimau yang tiap tahun diadakan di lokasi ini.

3. Objek Wisata Air Panas Hulu Kuantan

ilustrasi

Objek wisata menarik lainnya di kabupaten kuantan singingi adalah objek wisata air panas, objek wisata ini terletak di desa sungai pinang Kecamatan Hulu Kuantan. Konon air panas yang mengandung belerang ini mampu mengobati penyakit kulit dan penykit laainnya.

Menurut penduduk setempat Air Panas ini akan lebih panas pada hari Selasa dan Sabtu. Objek Wisata Air Panas Alam ini berjarak 33 Km dari Kota Teluk Kuantan.

Objek wisata ini akan sedikit sulit ditempuh sebab setelah sampai di kecamatan hulu kuantan, maka anda harus menggunakan pompong melewati sungai batang kuantan dari desa lubuk ambacang untuk menuju objek wisata air panas ini, dan anda juga harus mengeluarkan uang untuk sewa pompong dari desa lubuk ambacang sampai ke lokasi.

4. Danau Mesjid Koto Kari

ilustrasi

Danau mesjid ini terletak di desa koto kari kecamatan kuantan tengah, jarak tempuh dari kota teluk kuantan hanya 10 menit, namun kini danau koto kari tidak terawat sejak dijadikan sebagai lokasi tambak ikan masyarakat setempat.

Dahulu danau koto kari ini dijadikan sebagai arena bermain dan berhasil menyedot perhatian masyarakat sekitar dan masyarakat luar daerah kuansing, namun kini kurangnya keseriusan pemda setempat mengelola danau kari membuat salah satu objek wisata kuansing ini kehilangan pengunjung.

Kini kondisi danau mesjid koto kari sangat tidak terawat, banyak kayu bekas kerambah ikan masyarakat dibiarkan di danau sehingga merusak pemandangan, ditambah lagi kiambang (sejenis semak) semakin banyak tumbuk di permukaan danau yang membuat danau mesjid semakin tidak menarik.

Nah itulah beberapa objek wisata di kuansing yang cukup dikenal masyarakat, namun objek wisata kuansing sebagian besar masih belum bisa berkontribusi bagi masyarakat setempat, namun jika pemda setempat lebih serius mengelola objek wisata ini, siapa tahu saja di masa depan objek objek wisata di kuansing bisa populer di indonesia.


0 komentar:

Post a Comment