Make your Wish come true....

Pantai Solop Destinasi Wisata Indragiri Hilir Yang di Abaikan

Unknown

Pantai Solop adalah salah satu objek wisata unggulan kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Pantai solop berada di desa pulau cawan kecamatan mandah, INHIL, pantai solop memiliki panorama yang cukup mengesankan dimana pasir putih pecahan kerang dan batu terhampar di sepanjang bibir pantai.

halloriau image


Pantai solop ini terletak di bagian timur pulau sumatra yang merupakan alur transportasi utama yang menghubungkan kota Tembilahan dengan kota kota yang ada di di Provinsi Kepulauan Riau seperti Tanjung balai karimun, Tanjung batu, Batam dan Tanjung Pinang bahkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Sedangkan jarak tempuh dari kota tembilahan (ibu kota kabupaten inhil) ke pantai solop kurang lebih 1 jam, dengan menempuh transportasi laut menggunakan speedboat.

Jika dari kota pekanbaru akan sangat jauh, sebab jarak tempuh dari pekanbaru ke tembilahan menggunakan mobil lebih kurang memakan waktu 7-8 jam, kita asumsikan saja dari pekanbaru ke tembilahan 7 jam, dari tembilahan ke pantai solop 1 jam jadi jika dari pekanbaru ke pantai solop bisa memakan waktu 8 jam.

Nama pantai solop sendiri mulai melejit sekitar tahun 2000 an dimana mantan gubernur riau rusli zainal pernah datang langsung ke pantai solop untuk menjadikan nya sebagai salah satu objek wisata yang ada di indragiri hilir.

Berdasarkan Pengalaman saya ketika masih tinggal di kabupaten indragiri hilir sekitar tahun 2000an pantai solop masih ramai dikunjungi, dan menjadi salah satu tempat favorit tujuan wisata masyarakat indiragiri hilir, seperti masyarakat kecamatan gaung anak serka, lahang, simpang gaung, sungai piring, concong, dll.

Bahkan pemerintah setempat sempat menyatakan bahwa pantai solop adalah salah satu objek wisata unggulan indra giri hilir, namun sayang pengelolaan pantai solop oleh pemda setempat masih kurang maksimal.

Ini terlihat dengan tidak bisa nya memberikan kontribusi positif bagi daerah, terutama masyarakat sekitar, dan bahkan pantai solop di ambang kepunahan, objek wisata yang pada tahun 2000an dahulunya digadang gadang sebagai destinasi wisata unggulan riau kini hanya menjadi hamparan pantai yang tak terawat.

Kurang nya perhatian dari pemda setempat ditambah pantai solop jauh dari kota tembilahan membuat pantai solop sulit berkembang dan menarik wisatawan luar daerah, kini jika masih di abaikan pemda setempat, pantai solop akan berangsur angsur terlupakan oleh masyarakat, dan mungkin hanya akan menjadi pantai biasa yang tak mampu mendatangkan wisatawan dan memberikan konribusi bagi masyarakat sekitar.



0 komentar:

Post a Comment