Make your Wish come true....

Panduan Wisata ke Taman Pintar Yogyakarta

Unknown

HobyTravel.com - Panduan Wisata ke Taman Pintar Yogyakarta - Taman Pintar adalah ide dari pemerintah kota Yogyakarta yang bertujuan memfasilitasi besarnya ketertarikan orang-orang pada ilmu dan pengetahuan. Jika Anda orang yang suka belajar, maka panduan wisata ke Taman Pintar patut Anda ikuti. Karena memiliki gelar Kota Pelajar, hal ini mempengaruhi pendirian obyek wisata pembelajaran di Taman Pintar Yogyakarta.



Dengan segmentasi utama adalah para pelajar pra-sekolah sampai sekolah menengah dapat dengan leluasa memahami pelajaran sains di sekolah lewat penilaian secara langsung. Mudahnya, Taman Pintar merupakan laboratorium tetapi juga ada unsur rekreasi.

Tujuan utama dari pembangunan Taman Pintar yaitu mensupport program evaluasi regular di sekolah dari awal dengan cara mengasah kreatifitas anak didik mulai dini, harapannya adalah makin banyaknya innovator tehnologi yang bermunculan di Indonesia.

Taman Pintar berada di lokasi yang amat strategis serta nyaman dikunjungi setiap saat. Bangunan Taman Pintar di bangun di lokasi yang dulunya adalah pusat perbelanjaan. Dengan adanya penataan seperti ini ditambah adanya pertimbangan keterikatan yang erat pada Taman Pintar yang fungsinya juga memanfaatkan bangunan di sekelilingnya, seperti halnya Benteng Bredeburg, Taman Budaya, Societiet Militer serta Gedung Agung.

Untuk relokasi area diawali tahun 2004 dengan melakukan pembangunan secara bertahap. Sesudah tahap usai, lalu dilanjutkan dengan peresmian secara besar-besaran yang di gelar 16 Desember 2008 oleh SBY selaku presiden RI.

Program di Taman Pintar

Sebagai tempat  yang tujuannya menumbuhkan dan mengasah kreatifitas pelajar, Taman Pintar telah sediakan program yang dapat dipraktikkan langsung oleh pelajar. Di antara program unggulan itu yakni penyiar TV, Animasi, Rumah Batik, Kunjungan Terkemas, Program Kreatifitas, serta Rumah Gerabah.

Kunjungan Rombongan Sekolah

Menjadi wahana rekreasi serta belajar, Taman Pintar dibuka untuk umum tak terkecuali juga untuk para rombongan pelajar. Tetapi mengingat besarnya ketertarikan kunjungan ke Taman ini, sebaiknya Anda ikuti prosedur berikut :

Minimum jumlah rombongan sekolah sejumlah 20 orang, termasuk siswa dan guru.
Membawa surat pemberitahuan kunjungan resmi yang berasal dari sekolah, dan ditujukan pada Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar.
Ketetapan ini berlaku cuma untuk Rombongan sekolah yang mengunjungi di hari Selasa sampai Sabtu.

Wahana Utama Taman Pintar 

Sebagian wahana utama yang dapat Anda temui di Taman ini yaitu :

1. PROGRAM KREATIVITAS.
Dalam program ini menawarkan sebuah pelatihan kreatifitas secara workshop dan interaktif di mana peserta bisa membawa pulang yang menjadi hasil karyanya. Tetapi Anda mesti membayar harga ticket untuk mengganti cost operasional serta bahan sebagai berikut : Membuat Gerabah/Clay sebesar Rp 5. 000, -, membuat Lukis Gerabah sebesar Rp 10. 000, -, membuat Lukis Kaos Anak sebesar Rp 30. 000, -, dan membuat Lukis Kaos Dewasa sebesar, Rp 40. 000, -. Info yang lebih lengkap Anda dapat menghubungi ke Seksi Pengembangan Keprograman Taman Pandai  di nomor 0274-583631 Ext. 3

2. PLANETARIUM.

Ada alat peraga berupa pertunjukan film pengetahuan perihal antariksa serta tata surya

3. MEMORABILIA

Ada alat peraga perihal pengetahuan sejarah Indonesia, mulai dari sejarah Kasultanan serta Paku Alaman Yogyakarta,  pengenalan sejarah  tokoh pendidikan, serta sejarah presiden Republik Indonesia dari yang pertama sampai waktu sekarang.

4. SIMULATOR GEMPA
Ini adalah zona simulator gempa yang baru di bangun tahun 2013. Diinginkan ditahun 2014 ini telah dapat melengkapi zona rekreasi edukasi.

5. GEDUNG OVAL KOTAK.

Ada beragam alat peraga yang bermuatan edukasi ilmu dan pengetahuan (sains) dengan paket mengasyikkan serta dapat diperagakan. Di antara alat peraga itu yakni akuarium, diorama prasejarah, van de graaf, gamelan, perpustakaan, kelistrikan, tata surya,  serta magic step.

6. PLAYGROUND.

Di zona ini dapat Anda pakai sebagai penyelenggaraan luar ruangan menggunakan ukuran 5 x 30 meter ada di bagian jalan masuk. Waktu untuk penggunaan paling optimal hanya 8 jam dalam satu hari. Info sedetailnya dapat menghubungi ke  Seksi Humas serta Pemasaran di nomer 0274-583631 ext. 2

7. TEATER 3 DIMENSI.

Teater ini menghadirkan film 3 dimensi di mana pengunjung seakan-akan ada dalam film itu begitu nyata. Teater 3D Taman Pintar memiliki kapasitas 140 kursi dengan menggunakan durasi pemutaran selama 15 menit sekali. Harga Ticket masuk ke dalam wahana ini untuk umum atau dewasa sebesar Rp. 20. 000 per orang, untuk pelajar sebesar Rp. 15. 000 per orang dan untuk rombongan sebesar Rp. 15. 000 per orang.

Sarana dan Fasilitas Lain 

Sebagai obyek wisata dengan tema pendidikan, Wisata Taman Pintar Yogyakarta dilengkapi dengan beragam sarana yang bertujuan demi memanjakan pengunjung. Sarana penunjang yang ada salah satunya yaitu Food Court, area Audiovisual, playground, serta exhibition hall.

Harga Ticket Masuk 

Untuk masuk ke dalam Taman Pintar Yogyakarta, maka diperlukan harga ticket masuk sejumlah Rp 8. 000, - bagi pengunjung anak-anak, kemudian Rp 15. 000, - bagi pengunjung dewasa, serta Rp 15. 000, - untuk planetarium.

Demikianlah informasi dan saiian mengenai panduan wisata jogja ke Taman Pintar. Semoga bermanfaat bagi Anda yang berminat mengunjunginya, atau sekedar mencari tahu informasi mengenai Taman Pintar Yogyakarta ini.

0 komentar:

Post a Comment