Make your Wish come true....

Tempat Wisata Candi Surowono Kediri Jawa Timur

Unknown

HobyTravel.com - Tempat Wisata Candi Surowono Kediri Jawa Timur - Candi Surowono adalah candi yang bertempat di dusun Surowono, Canggu, Pare, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur. Wisata Candi Surowono ini diprediksikan oleh beberapa pakar arkeolog adalah candi peninggalan Pendharmaan Bhre Wengker yang berasal dari kerajaan majapahit, dan termaktub di kitab Negarakertagama bahwasanya pendharmaan Bhre Wengker sudah wafat pada tahun 1388 M dan di makamkan di wilayah Curabhana.



Wisata Candi Surowono diprediksikan di bangun pada tahun 1400 M karena Pendharmaan adalah seseorang raja, sesudah 12 tahun wafat dan sudah dilakukan suatu upacara Srada, maka dibangunlah suatu candi yang bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada raja itu.

Candi Surowono adalah candi yang bentuknya bujur sangkar. Candi ini menghadap ke barat, memiliki ukuran 7. 8 M x 7. 8 M dan tinggi candi kurang lebih 4. 72 M, bagian pondasi dari candi ini terbuat dari bahan-bahan seperti batu bata hingga sedalam 30 cm.

Wisata Candi Surowono berjarak kurang lebih 28 kilometer dari Kota Kediri, setiap hari di lokasi Candi Surowono di jaga 3 orang juru kunci yang memiliki rumah di sekitar kawasan Candi, mereka senantiasa menjaga kebersihan dan keamanan candi. Jadi, apakah Anda tertarikberwisata  ke Candi Surowono?
Rute Menuju Candi Surowono

Jika pengunjung berasal dari Kota Pare, Kediri, maka pengunjung dapat segera menuju ke lokasi Tempat wisata Candi Surowono, yang letaknya tak terlampau jauh. Dari kawasan alun alun kota pare, pengunjung dapat segera menuju Rumah Sakit HVA Toeloengredjo, lalu di samping Rumah sakit terdapat perempatan besar. Setelah itu pengunjung belok kanan dan segera menuju ke Dusun Surowono. Candi ini gampang untuk ditemukan dikarenakan letaknya ada di tepi jalan dusun itu, dan merupakan jalan yang  mudah untuk dilalui.
Harga Tiket Masuk Candi Surowono.

Untuk dapat masuk ke area tempat wisata Candi Surowono, enaknya lagi pengunjung tak di pungut cost atau biaya tiket masuk, terkecuali sumbangan suka-rela, serta pengunjung juga akan diminta untuk mengisi pada buku tamu yang disediakan oleh juru kunci.

Candi di Indonesia yang sering kita kenal adalah Candi Borobudur atau Candi Prambanan di Jawa Tengah dan DIY. Padahal, candi di Indonesia masih banyak lagi dan tentunya menyimpan keindahan budaya serta seni yang sangat luar biasa. Jawa Timur teruama kabupaten Kediri juga memiliki banyak candi, salah satunya adalah candi surowono yang mungkin jarang kita dengar namanya.

Banyaknya candi di Indonesia ini membuktikan bahwa negara kita ini memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Anda pun jika ingin berwisata tak usah ke luar negeri pun, sudah menemukan banyak wisata yang berada di negara kita tercinta ini. Semoga dengan adanya tulisan ini, bisa memberikan referensi kepada Anda yang saat ini masih mencari pilihan yang tepat untuk mengisi liburan akhir pekan Anda.

Demikianlah Artikel Tentang Tempat Wisata Candi Surowono Kediri Jawa Timur semoga bermanfaat dan menjadi referensi wisata anda.

0 komentar:

Post a Comment